Belajar Unity 3D - Pemrograman Permainan Part 1 - Pengenalan (Assets, Scenes, Scripts)
March 14, 2020
Hallo.. selamat datang teman-teman.. Post ini akan membahas tentang belajar unity part 1, pembahasan akan dimulai dari download unity, install unity, memulai Unity dan pengenalan Assets, Scenes dan Scripts pada Unity.
Download Unity
Download unity pada halaman https://unity3d.com/get-unity/download. Pada halaman web tersebut terdapat dua pilihan yaitu Choose your unity + download dan Download Unity Hub.Download kedua installer tersebut.
Pertama-tama download dan install Choose your unity + download, file installer ini merupakan aplikasi Unity. Di sini Saya menggunakan versi Unity 2019.3.5f1 (64-bit). Kalian bisa sesuaikan Unity yang ingin Kalian downlaod dengan versi OS kalian.
Download Download Unity Hub, file installer ini untuk mengaktivasi aplikasi Unity kalian.
Install Unity dan Aktivasi Unity
Tahap pertama, install aplikasi Unity. Prosedur menginstall rasanya tidak perlu Saya jelaskan :D karena sama seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
Tahap kedua, setelah aplikasi Unity sudah terinstall, install Unity Hub, selanjutnya buka aplikasi Unity Hub.
Tampilan utama Unity Hub seperti gambar di bawah ini.
Jika Kalian baru pertama kali menginstall unity, Kalian bisa login dan mengaktivasi lisensi Unity.
Klik pada icon User untuk login (Jika belum punya akun Unity kalian bisa register terlebih dahulu).
Setelah berhasil login, klik pada icon Settings / Cogs.Pilih menu Licesense Management.
Lalu klik tombol ACTIVATE NEW LICESENSE.
Pilih option seperti gambar di atas jika Kalian menggunakan unity untuk kebutuhan personal / non profitable :D. Lalu klik tombol DONE. Setelah melewati tahap ini maka Kalian telah berhasil mengaktivasi Unity dan Kalian bisa langsung mulai menggunakan Unity 3D :D.
Memulai Unity
Untuk memulai / menjalankan aplikasi Unity, kalian bisa membuka aplikasi Unity atau Unity Hub yang barusan Kalian download. Apapun aplikasi yang kalian buka, akan menjalankan aplikasi Unity Hub.
Setelah Unity Hub terbuka, langsung saja Kita klik NEW dan pilih Unity 3D. Tulis nama project yang Kalian inginkan (di sini saya menuliskan HelloWorld sebagai nama project Saya) dan pilih lokasi project Kalian. Lalu klik CREATE.
Tunggu beberapa saat hingga aplikasi Unity terbuka seperti gambar di bawah ini.Sangat mudah bukan ? :D
Pengenalan (Assets, Scenes, Scripts)
Assets
Assets merupakan menu pada Unity yang berfungsi memudahkan kita menyediakan sumber daya (resource) dalam pembuatan game di Unity. Kita bisa membuat folder, script, dll.
Salah satu fungsi utama yang akan dijelaskan di sini adalah pembuatan struktur folder. Struktur folder yang baik akan memudahkan Kita dalam mengembangkan game. Kita bisa memisahkan folder Scripts, Object, dan Scenes.
Klik Assets -> Create -> Folder untuk membuat folder.
Di sini Saya membuat folder Materials untuk menyimpan material-material yang dibutuhkan, Scenes, dan Scripts untuk menyimpan script-script. (Penamaan folder bebas sesuai selera Anda)
Scenes
Scenes merupakan lingkungan (Environment) dan menu-menu untuk game Kalian. Di setiap Scenes Kalian dapat membuat bermacam-macam object, latar belakang dan dekorasi yang Kalian inginkan.
Pada saat pertama kali Kalian membuat project baru di unity 3D ini, sebenarnya unity telah memperlihatkan Scenes ini kepada Kalian. Scenes tersebut tidak ada isinya kecuali hanya Main Camera dan Directional Light.
Scripts
Script merupakan sekumpulan perintah / intruksi yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman (di unity ini Saya menggunakan bahasa C#) yang digunakan untuk memanipulasi atau menggerakan object-object game yang akan Kita buat. Sebelum saya membuat Script ini, terlebih dahulu Saya masuk ke dalam folder Scripts. Setelah berada di dalam folder Scripts langsung saja Kita buat script-nya. Untuk membuat script-nya Kita bisa langsung klik pada menu Assets -> Create -> C# Scripts.
Di sini Saya membuat script dengan nama HelloWorld. Script tersebut merupakan script dengan bahasa pemrograman C# dan nantinya script ini akan digunakan untuk memanipulasi / menggerakan object pada game yang akan Kita buat.
Sekian postingan kali ini, karena nampaknya postingan ini sudah panjang, Kita lanjutkan pembahasan selanjutnya di postingan selanjutnya. Terimakasih..
Source Ilmu dari : https://www.budiluhur.ac.id/
0 comments