Belajar Unity 3D - Pemrograman Permainan Part 10 - UI System

May 16, 2020

Pengenalan UI System

Unity memiliki kelemahan dalam hal UI (user interface). Class GUI yang dimiliki Unity mengharuskan programmer berusaha lebih keras hanya untuk membuat sebuah tombol dan interaksinya. Tetapi sejak versi 4.6 Unity mengeluarkan fitur UI yang sangat baik. Kini pembuatan user interface di Unity semudah drag and drop.

Pembuatan UI System

Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja jika masih ingin menggunakan project yang sudah digunakan dalam materi sebelumnya. Tambahkan sebuah panel dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Panel


Selanjutnya kita akan membuat tombol. Caranya klik menu GameObject -> UI -> Button. Pasang Button sebagai child dari Panel dengan cara drag langsung pada tab Hierarchy.


Selanjutnya buat sebuah InputField dengan cara klik menu GameObject -> UI-> InputField. GameObject ini berfungsi untuk menerima inputan dari user.


Klik GameObject PlaceHolder yang merupakan child dari GameObject InputField pada tab Hierarchy, lalu klik tab Inspector dan pada panel Text ganti parameter Textnya menjadi “Masukkan Nama Anda...”


Selanjutnya tambahkan sebuah Text dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Text. Tempatkan text sebagai child dari panel. Atur posisi sesuai kebutuhan.
Lalu Anda juga bisa mengganti text yang ada pada Button dengan klik pada Text pada child Button, klik Inspector lalu ubah parameter Text sesuai kebutuhan.


Selanjutnya kita akan buat Script C# baru dan beri nama KlikUI.cs lalu ubah script seperti di bawah ini:


Selanjutnya pasang script pada GameObject. Kita bisa pasang di sembarang GameObject, misalnya saja kita pasang pada Canvas, lalu sesuaikan dua buah parameter public yang dibuat tadi dengan GameObject yang telah kita buat sebelumnya di Scene. Untuk memudahkan, silahkan ganti nama GameObject Text yang menjadi target.


Selanjutnya klik Button pada Scene, cari panel event OnClick() pada tab Inspector, klik tombol + di pojok kanan bawah. Masukkan GameObject yang diberi script (dalam hal ini Canvas) pada parameter Object, dan klik combobox yang bertuliskan No Function dan pilih KlikUI. Dalam hal ini KlikUI adalah script yang dipasang pada GameObject Canvas. Pada dasarnya, semua fungsi yang dipasang sebuah GameObject yang dipasangkan pada event OnClick akan muncul pada combobox ini.

Pilih fungsi ClickMe(). Dengan begini, fungsi ClickMe() akan dipanggil jika Button ditekan. Jalankan Game, isi InputField dengan kata bebas dan klik buttonnya. Mudah bukan ?



Referensi: https://www.budiluhur.ac.id/

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images