Belajar Unity 3D - Pemrograman Permainan Part 3 - Input Mouse dan Keyboard

March 26, 2020

Hallo.. selamat datang teman-teman.. Post ini akan membahas tentang belajar unity part 3, kali ini Kita akan belajar tentang  Array, Class, Looping Function.

Pengenalan Input (Event Listener)

Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun di keyboard. Postingan ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan tombol tersebut.

Input Mouse

Menulis Script

Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buat script C# kemudian beri nama InputMouse. Ketik script di bawah ini :



Menggunakan Script

Drag and drop script InputMouse.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy.Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik. Selain itu akan menampilkan posisi pointer pada layar, dan jika scroll pada mouse digerakkan akan tampil jumlah scroll.

Menjalankan Game




Input Keyboard

Menulis Script

Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buat script C# kemudian beri nama InputKeyboard. Ketik script di bawah ini :



Menggunakan Script

Drag and drop script InputKeyboard.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy. Perhatikan jendela Inspector Main Camera, jika tidak ada kesalahan maka akan ada 2 buah Script yaitu InputMouse dan InputKeyboard. Kita bisa saja menjalankan keduanya, untuk kasus kali ini, kita hanya akan menjalankan InputKeyboard.cs, maka dari itu silahkan uncheck Script InputMouse. Berikutnya isi parameter "pilihanUser" pada InputMouse, misalnya tombol “Tab”, maka saat tombol tab yang ditekan maka akan tampil teks "KeyUp: Tombol pilihan user".

Menjalankan Game





Terimakasih..
Source belajar : https://www.budiluhur.ac.id

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images