Belajar Unity 3D - Pemrograman Permainan Part 4 - Interaksi Object
April 04, 2020Hallo.. selamat datang teman-teman.. Post ini akan membahas tentang
belajar unity part 4, kali ini Kita akan belajar tentang Interaksi Object
Pengenalan Interaksi Object
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebuah script untuk berinteraksi dengan GameObject, diantaranya:- Pasang script langsung pada object.
- Pasang script pada object lain, lalu menggunakan fungsi untuk mencari object yang dituju.
Interaksi Object
Membuat Object
Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya). Tambahkan sebuah Cube dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube. Posisikan Cube agar berada di depan kamera.Beri nama cube tersebut dengan nama Kubus1. Caranya klik Cube pada tab Hierarchy, tekan F2 dan ketik namanya, atau bisa juga menggunakan tab Inspector dan ketik namanya di textbox paling atas.
Lakukan hal yang sama sehingga terdapat 4 buah kubus yang saling berdampingan dengan nama berbeda. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menggandakan object adalah dengan duplikasi object (Ctrl+D), atau dengan klik kanan pada Cube di Hierarchy dan pilih Duplicate.
Atur posisi masing-masing cube sehingga terlihat berbaris seperti gambar di bawah ini. Caranya bisa dengan mengatur koordinat pada Transform (Inspector) atau drag menggunakan gizmo.
Tambahkan satu Tag baru dengan cara klik salah satu GameObject (manapun), lalu pada tab Inspector klik Tag dan pilih Add Tag…
Klik tombol (+) dan masukkan Tag baru “Kotak1”.
Pilih Kubus4 pada Hierarchy dan ganti Tag-nya (pada Inspector) menjadi Kotak1. Kita akan menggunakan ini pada script nanti.
Berikutnya ubah proyeksi MainCamera (pada Inspector) menjadi Orthographic dan size menjadi 2.
Menulis Script
Buat script C# baru dan beri nama ScriptKubus.cs dan edit file menjadi seperti berikutMenjalankan Game
- Pasang script tersebut pada Kubus1 dan centang pilihan Cube 1. Jalankan game dan perhatikan kubus mana saja yang berputar.
- Selanjutnya ketik “Kubus2” pada parameter Pilih Kubus dan centang Cube 2. Perhatikan kembali kubus mana saja yang berputar.
- Berikutnya ketik “Kotak1” pada parameter Pilih Tag dan centang Cube 3. Perhatikan kembali kubus yang bergerak.
- Terakhir klik browse (tombol bulat kecil) pada parameter Pilih Objek, pilih tab Scene dan pilih Kubus3, lalu centang Cube 4. Perhatikan kembali kubus yang bergerak.
Terimakasih..
Source belajar : https://www.budiluhur.ac.id
0 comments