Belajar Unity 3D - Pemrograman Permainan Part 5 - GUI Skin & Manipulasi Kamera
April 11, 2020GUI Skin
Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya).Tambahkan sebuah GUISkin dengan cara klik menu Assets -> Create -> GUISkin. Beri nama "BelajarGUISkin"Setelah itu tambahkan beberapa Assets yang sudah diunduh tadi seperti assets untuk tombol (beberapa template gambar button berekstensi png) dan assets font.
Untuk melakukan import Assets, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara klik menu Assets -> Import New Assets atau dengan drag filenya langsung dari Windows Explorer. Pastikan semua assets yang akan digunakan sudah di-import.
Berikutnya kita kembali ke Skin “BelajarGUISkin” yang tadi kita buat.GUI Skin memiliki 2 jenis font, Ada font global yang letaknya di panel paling atas, dan ada font lokal yang berada di setiap parameter GUI.Ubah font khusus button dengan drag file font pada Assets ke Button -> Overflow. Atau klik tombol kecil di sebelaha kanan kolom Font lalu browse, cari Font pada Asset.Lalu ubah Font Size menjadi 24.
Berikutnya ganti background pada Button.Ganti Background pada Toggle:Button -> NormalButton -> HoverButton -> Active
Berikutnya pada Button, istilah Toggle mungkin agak kurang familiar. Sebagian orang lebih mengenalnya dengan istilah Checkbox. Pada Contoh kali ini, toggle dimanfaatkan untuk pengaturan suara.Ganti Background pada Toggle:Toggle -> NormalToggle -> HoverToggle -> ActiveToggle -> On NormalToggle -> On HoverToggle -> On Active
Buat script C# baru dan beri nama MenuSkin.cs dan edit file menjadi seperti berikut
Pasang script MenuSkin.cs pada GameObject (misalnya MainCamera), lalu pasang parameter mySkin dengan BelajarGUISkin.
Jika tidak ada kesalahan, selanjutnya jalankan Game, contoh tampilan saat game dijalankan seperti gambar di bawah ini
Manipulasi Kamera
Berikutnya kita akan membahas tentang manipulasi kamera, secara default Scene di dalam project Unity hanya memiliki satu buah kamera, namun unity tidak pernah membatasi Anda untuk dapat memiliki lebih dari satu kamera. Tentu diperlukan sebuah pengaturan khusus agar masing-masing kamera dapat berjalan dan tidak saling tumpang tindih.
Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya).Sebelumnya, pastikan bahwa project yang digunakan adalah Project Game 3D.Tambahkan GameObject Camera dengan cara klik menu GameObect -> Camera. Ganti namanya menjadi Kamera1.
Tambahkan 2 buah GameObject kamera yang lain, beri nama masing-masing Kamera2 dan Kamera3. Sampai tahap ini, jika Anda menjalankan game Anda, maka yang tampil masih akan tetap MainCamera.
Tambahkan beberapa GameObject seperti Cube, Sphere, Capsule dan apa saja. Semua GameObject tersebut dapat diakses melalui menu GameObject -> 3D Object. Atur posisinya sesuka hati yang penting terlihat dari MainCamera berada di tengah.
Atur posisi MainCamera untuk dapat melihat kumpulan dari GameObject tersebut dari satu titik. Anda dapat menggunakan Inspector, atau menggunakan mouse. Manfaatkan drag + Klik Kanan untuk menggeser sudut pandang di scene.
Unity tidak bermasalah dengan jumlah camera, tapi cukup rewel dengan Audio Listener. adi untuk menghapus warning yang berkaitan dengan Audio Listener, hapus semua komponen Audio Listener dari seluruh Camera kecuali Main Camera. Caranya klik GameObject Camera, lalu buang checklist pada komponen Audio Listener.
0 comments